Minggu, 29 April 2012

Toyota culture

Budaya perusahaan adalah resep utama kesuksesan Toyota sebagai pemimpin dunia dalam kecemerlangan operasional. Untuk membantu perusahaan Anda menjadi “Toyota” di Industri Anda, pakar Toyota terkemuka, Jeffrey Liker dan Michael Hoseus, memberi Anda informasi dari dalam tentang bagaimana menciptakan dan memelihara budaya yang berpusat pada sumber daya manusia, yang mempertahankan pertumbuhan yang konsisten, inovasi, profitabilitas, dan kesempurnaan. Melalui akses mereka kepada para eksekutif dan manajer Toyota dan pabrik-pabrik Toyota di seluruh dunia, penulis menunjukkan kepada Anda bahwa Anda dapat membangun budaya perbaikan terus-menerus dengan:


  • Menarik, mengembangkan, dan melibatkan sumber daya manusia yang istimewa
  • Menumbuhkan budaya pemecahan masalah pada semua level di organisasi Anda
  • Membuat manajemen akuntabel bagi karyawan
  • Menginspirasi sumber daya manusia Anda untuk berkomitmen kepada perusahaan, keluarga, dan komunitas
  • Mengubah departemen sumber daya manusia Anda menjadi arbitrator praktik harian yang adil dan konsisten

Menggunakan proses perencanaan yang bersifat top-down dan bottom-up untuk melibatkan setiap orang dalam mencapai tujuan-tujuan terobosan.Toyota Culture meneliti “sistem manusia” yang telah diciptakan Toyota untuk menyuntikkan prinsip-prinsip dasarnya, yaitu kepercayaan, kesejahteraan bersama, dan kesempurnaan di dalam pabrik-pabrik, dealer, dan kantor-kantornya di seluruh dunia.


Dimulai dengan menelaah evolusi budaya Toyota dan mengapa SDM merupakan jantung dan jiwa Toyota Way, penulis menjelaskan proses empat tahap perusahaan tersebut dalam mengembangkan dan mempertahankan SDM yang berkualitas: Menarik, Mengembangkan, Melibatkan, dan Menginspirasi.


Melalui banyak contoh dari riset Liker selama puluhan tahun dan dari akses Hoseus sebagai seorang manajer Toyota, Toyota Culture memberi Anda perangkat yang Anda perlukan untuk:

  • Menemukan karyawan yang kompeten, mampu, dan berkemauan.
  • Mulai melatih dan mensosialisasikan SDM yang telah Anda rekrut.
  • Mengembangkan dan mengkomunikasikan indikator kinerja bisnis utama pada setiap level di organisasi Anda.
  • Melatih SDM Anda untuk memecahkan masalah dan secara terus-menerus memperbaiki proses dalam pekerjaan harian mereka.
  • Mengembangkan para pemimpin yang menghidupi dan mengajarkan filosofi perusahaan Anda Memberikan penghargaan bagi kinerja prima – dan menawarkan bantuan kepada SDM yang mengalami kesulitan.